Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi BAN-PT No. 0167/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PT/IV/2016 dengan nilai B

Tentang STIKes BTH Tasikmalaya

STIKes BTH Tasikmalaya berdiri berdasarkan SK Mendiknas No. 60/D/O/2004 tanggal 27 April 2004, merupakan pengembangan status dari Akademi Keperawatan Bakti Tunas Husada (AKPER BTH) yang berdiri berdasarkan SK Menkes RI No. HK.00.06.1.1.3518 tanggal 24 Mei 1993 dan Akademi Analis Kesehatan Bakti Tunas Husada (AAK BTH) yang berdiri berdasarkan SK Menkes RI No. HK.00.01.1.1.533A tanggal 26 Februari 1996 dengan Program Studi tambahan yaitu S1 Farmasi pada tahun 2004 dan D III Refraksi Optisi tahun 2015. Pengesahan Menkumham STIKes BTH : No. AHU-AHA 10.08-681 tanggal 22 November 2010.


Visi

“Menjadi Perguruan Tinggi Yang Mampu Menghasilkan Lulusan Yang Unggul Dalam Bidang Kesehatan dan Berakhlak Mulia”.


Misi

  • Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.
  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran berbasis kurikulum kompetensi yang memiliki ciri khas bidang kesehatan
  • Membangun suasana akademik berdasarkan nilai-nilai religi
  • Memfasilitasi publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa

Tujuan

  • Menunjang terwujudnya pendidikan perguruan tinggi nasional yang bermutu.
  • Terciptanya kultur akademik yang menunjang lulusan yang ungul di bidang kesehatan dan berahlak mulia.
  • Menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Terciptanya hasil penelitian yang berkontribusi dalam pembangunan nasional.
  • Terciptanya kerjasama yang berkontribusi terhadap peningkatan ilmu pengetahuan yang dapat berperan dalam bidang kesehatan secara global.

STIKes BTH memiliki fasilitas diantaranya ruang perkantoran, ruang belajar/kelas, laboratorium, perpustakaan, aula serba guna, mesjid, sarana olah raga, asrama 4 lantai dan sarana penunjang lainnya. Sesuai dengan visi STIKes BTH menjadi perguruan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang kesehatan, proses pembelajarannya didukung menggunakan multimedia dengan teknologi terkini dan fasilitas internet gratis, WiFi/Hot Spot 24 jam, laboratorium dengan setting praktek seperti dunia kerja, perpustakaan dilengkapi dengan e- books dan jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri, kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa di bidang kesenian, olahraga dan enterpreunership. 

Penyelenggaraan dan pengelolaan STIKes BTH meliputi otonomi perguruan tinggi, pola pengelolaan perguruan tinggi, tata kelola perguruan tinggi dan akuntabilitas publik yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 4 tahun 2014. Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi nomor 49 tahun 2014, untuk menjamin agar proses pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, STIKes BTH sudah mempunyai standar-standar yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar biaya pembelajaran, standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam upaya peningkatan mutu perguruan tinggi , STIkes BTH sudah memiliki Badan Penjaminan Mutu Internal dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya mutu mulai dari penetapan standar, melaksanakan standar, mengevaluasi pelaksanaan standar secara berkelanjutan baik bidang akademik maupun non-akademik sesuai dengan Peraruran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 sehingga mutu STIKes BTH dapat diandalkan. 

STIKes BTH Tasikmalaya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi STIKes BTH (LSP STIKes BTH First Party) adalah lembaga pendidikan tinggi yang pertama yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan uji kompetensi bagi setiap mahasiswanya sehingga lulusan yang dihasilkan telah memiliki kompetensi yang terpercaya dan bersertifikat BNSP. Pelaksanaan uji kompetensi tersebut teruji berdasarkan standar yang ditetapkan oleh BNSP dan sebagian besar dari Dosen yang dimiliki telah menjadi assessor BNSP. Uji kompetensi dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bertempat di TUK STIKes, dengan demikian setiap proses pembelajaran yang diselenggarakan adalah proses pembelajaran bermutu dan terjaga kualitas kompetensinya.